Ini Penyebab Penyakit Katarak dan Cara Pencegahannya

Penyakit katarak yang lumrah terjadi pada manusia adalah karena faktor usia. Dengan bertambahnya usia, maka seseorang menjadi semakin rentan mempunyai penyakit katarak.



Metroonline.id (BEKASI) -  Penyakit katarak yang lumrah terjadi pada manusia adalah karena faktor usia. Dengan bertambahnya usia, maka seseorang menjadi semakin rentan mempunyai penyakit katarak.

“Faktor usia, jadi makin tambah usia katarak pasti ada,” kata Dr. Narhrul Ihsan usai pembukaan Klinik Utama JEC @Bekasi, Jl. Jendral Soedirman, Medansatria, Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa (12/3/2019).

Faktor lain yang bisa menjadi penyebab katarak adalah penyakit lain yang diderita pasien seperti diabetes, glukoma, atau penyakit mata lain. Selain itu trauma akibat benturan pada mata atau pun infeksi sejak lahir juga menjadi penyebab katarak pada mata.

“Uv light juga bisa menjadi penyebab katarak, jadi bisa dicegah dengan memakai sun glasses atau payung,” imbuhnya.

Selain beberapa faktor di atas, pemakaian kaca mata minus yang kerap berganti-ganti juga menjadi pemicu katarak. Oleh karena itu butuh penanganan dokter ahli mata agar kaca mata yang digunakan pasien penyakit mata tidak berdampak pada timbulnya katarak.

Guna mencegah terjadinya katarak pada mata, pola hidup sehat menjadi hal penting yang dapat dilakukan. Di samping itu, rajin mengkonsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung antioksidan.

“Kalau kurang anti oksidan itu kataraknya cepat tinggi, cegah denganmakan sayuran dan buah-buahan,” terang Kepala Klinik Utama JEC @Bekasi.

Ihsan menambahkan, bBeberapa gejala awal penderita katarak antara lain penglihatan buram atau berkabut, bahkan tidak bisa melihat sama sekali. Selain itu sensitif terhadap sinar atau cahaya, sering berganti kacamata karena ukurannya mudah berubah, pada keadaan terang mata terasa silau.

“Tapi katarak termasuk kategori kebutaan yang masih bisa dipulihkan melalui tindakan operasi yang relatif aman dan singkat,” pungkasnya. (red)


COMMENTS

Nama

Ade Yasin,3,Alex Slamet Riadi (ASR),1,Babakanmadang,1,Bekasi,7,Bogor,88,Cariu,13,Cileungsi,25,Citeureup,1,Disnaker Kabupaten Bogor,3,Ekonomi & Bisnis,1,Galian C,3,Gunungputri,7,Headline,57,Hukum & Kriminalitas,11,Infrastruktur,1,Jabodetabek,38,Jonggol,3,Kedinasan,1,Kesehatan,1,Klapanunggal,7,Lifestyle,2,Nasional,6,Olahraga,1,Pemerintahan,2,Pemilu 2019,1,Pendidikan,9,Peristiwa,7,Politik,13,PT Jasa Marga,1,Satpol PP,1,Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor,1,Sukamakmur,4,Sungai Cileungsi,5,Tanjungsari,5,UPT Pajak Cileungsi,1,Wisata,2,
ltr
item
Metroonline.id: Ini Penyebab Penyakit Katarak dan Cara Pencegahannya
Ini Penyebab Penyakit Katarak dan Cara Pencegahannya
Penyakit katarak yang lumrah terjadi pada manusia adalah karena faktor usia. Dengan bertambahnya usia, maka seseorang menjadi semakin rentan mempunyai penyakit katarak.
https://4.bp.blogspot.com/-zF3zI9TlP_Y/XJ23Ep9JLEI/AAAAAAAAAJY/1NLEpvbzQBY_VKnfljn-4uUnkIdssBH-gCLcBGAs/s400/Ini%2BPenyebab%2BPenyakit%2BKatarak%2Bdan%2BCara%2BPencegahannya.jpeg
https://4.bp.blogspot.com/-zF3zI9TlP_Y/XJ23Ep9JLEI/AAAAAAAAAJY/1NLEpvbzQBY_VKnfljn-4uUnkIdssBH-gCLcBGAs/s72-c/Ini%2BPenyebab%2BPenyakit%2BKatarak%2Bdan%2BCara%2BPencegahannya.jpeg
Metroonline.id
https://www.metroonline.id/2019/03/ini-penyebab-penyakit-katarak-dan-cara.html
https://www.metroonline.id/
https://www.metroonline.id/
https://www.metroonline.id/2019/03/ini-penyebab-penyakit-katarak-dan-cara.html
true
3190407680557887668
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy