Kontraktor Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Rusak Lingkungan?

Metroonline.id - Pembangunan Jalan Tol adalah salah satu cara untuk mengurangi kemacetan dan membawa dampak positif terhadap pertumbu...



Metroonline.id - Pembangunan Jalan Tol adalah salah satu cara untuk mengurangi kemacetan dan membawa dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi. Namun seolah berbeda dengan pembangunan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung yang saat ini sedang digarap PT. Waskita Toll Road dimana sebagian bahan material yang digunakan untuk mengurug proyek strategis tersebut menggunakan limbah.

Saat ini jutaan kubik limbah yang bersumber dari tempat pembuangan sampah ilegal sudah digunakan perusahaan plat merah itu untuk mengurug Jalan Tol di Desa Limus Nunggal Kec. Cileungsi Kab. Bogor Jawa Barat. Pantauan dilapangan sampah tersebut sengaja dijadikan bahan urugan untuk mengurangi cost sebab jauh lebih murah jika dibandingkan dengan tanah merah.

Akibat ulah kontraktor nakal itu sudah dipastikan bahwa air tanah akan tercemar sehingga berpotensi untuk membunuh mahluk hidup dikemudian hari dan tidak menutup kemungkinan manusia akan menanggung akibatnya.

Maraja Manalu selaku Pemerhati Kebijakan dan Layanan Publik (PKLP) saat dimintai tanggapannya terkait ulah kontraktor yang mengabaikan lingkungan hidup dimana sampah dijadikan material urugan. Dia mengaku geram sebab kontraktor itu tergolong nekat.

"Nantinya kualitas air di Cileungsi akan semakin memburuk karena banyaknya sampah plastik yang mengandung bahan-bahan kimia, seperti styrene trimer, bisphenol A, dan lain sebagainya dikubur, di mana pada akhirnya akan meracuni air yang biasanya dijadikan warga sebagai air minum atau mandi dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Maraja mengaku sudah pernah menegur pihak Waskita agar sampah yang dikuburnya itu dibongkar dan dipindahkan ke tempat penampungan sampah milik pemerintah. Menurutnya teguran yang diasampaikan itu tidak diindahkan karena penggunaan sampah sebagai bahan material urugan terus berlanjut.

"Ada indikasi korupsi diproyek Pembangunan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung sebab penggunaan Sampah sebagai bahan material urugan sudah pasti tidak sesuai spek sehingga kehadiran aparat penegak hukum diperlukan," pintanya.

Pihaknya juga mengaku sudah menyampaikan laporan pengaduan kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kab. Bogor. Dia berharap akan ada tindakan tegas dari DLH terhadap kontraktor yang tergolong nekat itu.

"Pemerintah bersama TNI, Polri harus bersinergi untuk menyelamatkan lingkungan dari kelompok penjahat lingkungan sehingga pencemaran lingkungan hidup dapat diatasi. DLH Kab. Bogor selaku perwakilan pemerintah harus secepatnya menindaklanjuti laporan saya itu dan bila perlu DLH menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sehingga oknum-oknum di PT. Waskita Toll Road dapat diproses hukum," ujarnya.

Maraja menuturkan, selain menyoroti sampah dijadikan sebagai bahan material urugan, pihaknya juga sedang menyoroti kerusakan lingkungan akibat anak perusahaan Waskita Group itu menampung tanah merah untuk bahan material urugan dari pertambangan ilegal.

"Masyarakat Kab. Bogor sangat dirugikan atas kehadiran pembangunan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung sebab lingkungan menjadi rusak karena proyek itu menampung tanah merah dari hasil tambang ilegal. Saat ini pengerukan tanah merah yang merusak lingkungan Kab. Bogor semakin menjadi-jadi," tuturnya. (gi)

COMMENTS

Nama

Ade Yasin,3,Alex Slamet Riadi (ASR),1,Babakanmadang,1,Bekasi,7,Bogor,88,Cariu,13,Cileungsi,25,Citeureup,1,Disnaker Kabupaten Bogor,3,Ekonomi & Bisnis,1,Galian C,3,Gunungputri,7,Headline,58,Hukum & Kriminalitas,12,Infrastruktur,1,Jabodetabek,39,Jonggol,3,Kedinasan,1,Kesehatan,1,Klapanunggal,7,Lifestyle,2,Nasional,6,Olahraga,1,Pemerintahan,2,Pemilu 2019,1,Pendidikan,9,Peristiwa,7,Politik,13,PT Jasa Marga,1,Satpol PP,1,Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor,1,Sukamakmur,4,Sungai Cileungsi,5,Tanjungsari,5,UPT Pajak Cileungsi,1,Wisata,2,
ltr
item
Metroonline.id: Kontraktor Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Rusak Lingkungan?
Kontraktor Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Rusak Lingkungan?
https://4.bp.blogspot.com/-gnRAqVcOAB8/XNU_0L40QrI/AAAAAAAAAXo/qj_Y5UsbsdQJryXzxxWeqUcyM4xOnxrRgCLcBGAs/s400/Kontraktor%2BJalan%2BTol%2BCimanggis-Cibitung%2BRusak%2BLingkungan.jpeg
https://4.bp.blogspot.com/-gnRAqVcOAB8/XNU_0L40QrI/AAAAAAAAAXo/qj_Y5UsbsdQJryXzxxWeqUcyM4xOnxrRgCLcBGAs/s72-c/Kontraktor%2BJalan%2BTol%2BCimanggis-Cibitung%2BRusak%2BLingkungan.jpeg
Metroonline.id
https://www.metroonline.id/2019/05/kontraktor-jalan-tol-cimanggis-cibitung.html
https://www.metroonline.id/
https://www.metroonline.id/
https://www.metroonline.id/2019/05/kontraktor-jalan-tol-cimanggis-cibitung.html
true
3190407680557887668
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy